Hard Disk eksternal Seagate berkapasitas 1TB dilengkapi wifi

Bagaimana jika Anda bisa menyambungkan perangkat mobile, seperti smartphone dan tablet ke hard disk eksternal secara nirkabel, kapanpun dan di manapun?

Itulah yang diwujudkan oleh Seagate Wireless Plus, hard disk eksternal yang dilengkapi router WiFi terintegrasi.

Pengguna gadget mobile bisa memakai perangkat ini melalui aplikasi mobile Seagate Media yang tersedia untuk platform iOS, Android, dan Kindle Fire HD.

“Perangkat ini cocok untuk Anda yang sering bepergian dengan gadget karena daya tahannya mencapai 10 jam,” ujar Product Marketing Manager Asia-Pasifik Seagate Vermont Hoh dalam acara peluncuran Seagate Wireless Plus di Jakarta, Selasa (26/3/2013).

Selain mendukung konektivitas WiFi IEEE 802.11 a/b/g/n, Seagate Wireless Plus juga dilengkapi dengan adaptor USB sehingga data dalam media penyimpanan ini tetap bisa diakses walaupun baterainya habis.

“Pengguna pun bisa melakukan banyak hal di perjalanan, misalnya menonton video yang disimpan dalam hard dsik eksternal ini atau mem-backup file secara wireless,” ujar Hoh.

Untuk mereka yang ingin menonton video yang tersimpan di dalam Seagate Wireless Plus di layar lebar, disediakan juga opsi koneksi langsung ke Smart TV dari merek Samsung. Ini karena produsen TV yang bersangkutan memang sudah menjalin kerjasama dengan pihak Seagate.

Adapun proteksi jaringan bisa diterapkan menggunakan protokol WiFI Protected Access (WPA) dengan kunci password SSID.

Pada kesempatan yang sama, Seagate memperkenalkan perangkat network attached storage (NAS) bernama Central Shared Storage.

Perangkat yang mendukung fitur AirPlay dari Apple ini bisa diakses secara remote atau dari jarak jauh. Hingga 5 akun pengguna bisa mengakses Central Shared Storage dari jarak jauh melalui browser internet biasa.

Lebih baru, lebih murah

Seagate Wireless Plus akan dijual dengan harga 199 dollar AS atau sekitar Rp 1,9 juta untuk versi berkapasitas 1TB. Harga tersebut sama dengan pendahulunya, GoFlex Satellite, yang memiliki fungsi serupa tapi hanya mengusung kapasitas 500GB.

“Itu karena dulu teknologinya masih baru. Nah, begitu semuanya sudah matang seperti sekarang ini, terjadilah economy of scale sehingga kami bisa menurunkan biaya produksi,” jelas Hoh seraya menyebutkan bahwa daya jangkau sinyal WiFi dari Seagate Wireless Plus bisa mencapai 45 meter.

Sementara itu, Seagate Central Shared Storage dijual dengan harga 170 dollar AS untuk versi 2TB, 233 dollar AS untuk versi 3TB, dan 265 dollar AS untuk versi 4TB.

Menurut Hoh, pihaknya melihat adanya kebutuhan storage eksternal dari para pemilik perangkat gadget mobile seperti smartphone dan tablet yang semakin jamak ditemui saat ini.

“Kami mengenali dan mencoba memenuhi kebutuhan itu, sambil tetap memperhatikan segmen-segmen pengguna yang lain,” tandasnya.