New Delhi – Pabrikan mobil India sepertinya ingin merubah citra dari pabrikan mobil murah menjadi pabrikan mobil ramah lingkungan. Kini Tata Motors membuat gebrakan dengan mengembangkan sebuah mobil berbahan bakar angin!

Setelah sebelumnya memperkenalkan Tata Indigo e-CS VX yang diklaim sebagai sedan bermesin bensin teririt di India, Tata Motors sepertinya tidak mau berhenti berinovasi,

Menggunakan basis mobil termurah sejagat, Tata Nano, Tata Motors mengembangkan sebuah mobil baru yang dinamakan Tata miniCAT. Sebuah mobil yang menggunakan angin yang sudah dikompresi sebagai sumber tenaganya.

Mobil ini seperti detikOto kutip dari Rushlane, Sabtu (1/10/2011) merupakan jawaban Tata Motors menghadapi kenyataan kenaikan harga bensin yang terus terjadi saat ini.

Tata MiniCAT dikembangkan oleh mantan engineer Formula 1 bernama Guy Nigre dan diharapkan akan bisa diproduksi sebanyak 6.000 unit.

Untuk harganya, Tata berharap MiniCAT ini tetap dapat dilepas dengan harga yang relatif terjagkau yakni hanya US$ 8.177 atau sekitar Rp 74 jutaan saja,

Tata MiniCAT yang dikembangkan oleh Tata Africa dan diharapkan akan menjadi mobil mungil yang cocok digunakan sebagai mobil perkotaan.

Mobil ini mampu berjalan sejauh 300 km bila tangkinya terisi penuh dan hanya perlu US$ 2 untuk mengisinya kembali bila sudah habis.

Tubuhnya yang mungil dengan garis sederhana dibangun dari bahan fiberglass dan diperkirakan akan dapat berlari hingga kecepatan 105 km/jam.