MENYAMBUT libur lebaran, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Jero Wacik, mengimbau kepada pengelola wahana untuk melakukan pengecekan ulang terhadap peralatan wahana.

Hal ini dilakukan agar keamanan dan kenyamanan pengunjung saat libur lebaran nanti dapat terjaga.Imbauan disampaikan Jero Wacik, kepada wartawan setelah menghadiri Pameran Foto Kebudayaan Indonesia 2011 di Jixpo Kemayoran, Kamis, (18/8/2011).

“Seluruh pengelola objek wisata diharapkan melakukan pengecekan dan pengamanan extra guna memberikan rasa aman dan nyaman, sehingga tidak terjadi hal-hal yang membahayakan bagi para pengunjung,” ujarnya.

Dia juga berharap setiap element pemerintah daerah seperti Gubernur, Bupati, Camat, dan Walikota diharapkan turut serta dalam melakukan pengecekan setiap wahana agar keselamatan pengunjung dapat terjaga.

“Apabila itu semua sudah dapat dijalankan maka kelurga kita yang liburan di tempat hiburan selamat dan kita pun happy,” tutupnya.

Keamanan wahana belakangan ini sering terganggu. Hal ini mengakibatkan terancamnya keselamatan pengunjung. Terakhir, di Taman Matahari seorang bocah tewas terjatuh saat hendak menaiki flyng fox. Kemudian, belum lama ini juga wahana Tornado di Ancol mengalami masalah. Namun, tidak ada korban jiwa dalam kejadian di Ancol ini.