TORONTO – Produsen BlackBerry Research In Motion (RIM) memperkenalkan versi terbaru dari layanan BlackBerry Messenger, yang menjanjikan “pengalaman sosial baru dan revolusioner”.

Demikian pernyataan RIM yang dilansir melalui Crackberry, Kamis (28/7/2011). BBM 6 memungkinkan pengguna mengeksplorasi berbagai aplikasi sambil tetap berinteraksi dengan teman-teman mereka. Contohnya, dengan aplikasi game yang terhubung dengan BBM, pengguna bisa mengundang salah satu kontak mereka untuk ikut bermain serta melakukan chat dengan teman lainnya di saat bersamaan tanpa harus meninggalkan permainan.

Selain itu, pengguna juga bisa saling berbagi aplikasi baru dengan teman-teman mereka serta memperoleh informasi tentang aplikasi baru dengan melihat daftar yang di-posting pada profil kontak BBM mereka. Pengguna pun bisa langsung mengklik aplikasi dalam daftar itu dan mengunduhnya melalui BlackBerry App World.

“BBM 6 menandai awal pengalaman sosial yang jauh lebih menyenangkan bagi para pengguna BlackBerry,” cetus Alistair Mitchell selaku VP BBM Platform & Integrated Services untuk RIM.

“BBM 6 juga menjadi peluang luar biasa bagi para pengembang agar bisa memanfaatkan keuntungan viral dari layanan BBM lebih jauh. Kami telah mulai bekerja sama dengan berbagai mitra pengembang yang akan membawa aplikasi mereka ke BlackBerry App World pekan ini sehingga bisa menawarkan pengalaman luar biasa bagi para pengguna,” tambahnya.

Software untuk BBM 6 sudah tersedia di http://www.blackberry.com/blackberrymessenger. Sejumlah aplikasi yang terhubung BBM juga akan ditampilkan dalam App World pekan ini, dan masih banyak lagi yang akan menyusul pada beberapa bulan mendatang.