40 Juta Warga RI Belim mau taruh uang di BankJAKARTA – Sebanyak 40 juta orang di Indonesia tercatat belum mau menaruh uangnya di bank. Masalah keamanan dan kenyamanan uang pun menjadi alasannya.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) Gatot Suwondo saat diskusi dalam acara Investor Daily Forum, di Hotel Kempinski, Jakarta, Kamis (23/6/2011).

Gatot menjelaskan, hal tersebut menjadi tantangan bagi perbankan yang ada di Indonesia. Pihaknya pun hingga saat ini belum bisa menjangkau masalah tersebut.

Disamping itu, susahnya menggaet masyarakat untuk menaruh uangnya di bank disebabkan kepercayaan masyarakat akan bank sulit dibangun, seperti kenyamanan dan keamanan. “Masyarakat mau ke bank, kalau bank sudah memberikan produk yang sesuai,” ujarnya.

Diakuinya, dalam menciptakan kenyamanan dan keamanan tersebut, pihaknya agak sedikit sulit, karena untuk membuat keamanan dan kenyamanan harus ada yang dikorbankan.

“Giliran mau dibuat nyaman, masyarakat komplain karena harus mengisi banyak data, sehingga menjadi tidak nyaman. Untuk mencapai keamanan dan kenyamanan harus ada yang dikorbankan salah satunya,” tutupnya.