CALIFORNIA – Beberapa waktu lalu Google melakukan update Android 2.3 atau Gingerbread terhadap Nexus S. Di update baru ini membatasi integrasi langsung ke Facebook.

Google akan menerapkan aturan platform, guna membatasi aplikasi resmi Facebook, dari pengintegrasian langsung yang ada di aplikasi kontak Android. Seperti diketahui, antara Google dan Facebook terlibat persaingan sengit, menyusul keinginan Google menghadirkan jejaring sosial sendiri.

”Karena perubahan ini, pengguna Nexus S nantinya bisa mengunduh aplikasi Facebook dari Android Market,” kata Google, seperti dikutip Cnet, Jumat (25/2/2011).

Google menyatakan bahwa hanya Nexus S yang mengalami perubahan, dan tidak terjadi pada ponsel Nexus One. Keinginan Google tersebut untuk menyimpan data secara bebas dan memungkinkan portabilitas dari dan ke perangkat mobile.

Google menambahkan bahwa data kontak selanjutnya akan muncul dalam aplikasi Facebook. Sebelumnya, seperti semua pengembang pada Android, Facebook bebas menggunakan kontak Android API, untuk mengintegrasikan kontak pengguna pada perangkat, sehingga memiliki kontrol data.

Perubahan yang terjadi cukup signifikan adalah saat ini pengguna Nexus S tidak bisa lagi langsung meng-impor kontak Facebook ke perangkat ponsel cerdas tersebut.