TERKENAL sebagai kota santri, Tasikmalaya memiliki beberapa potensi wisata yang cukup mengagumkan. Salah satunyam Situ Gede. Oleh warga setempat, danau alami ini lebih dikenal dengan nama Situ Ageng.

Kawasan ini memiliki luas lebih kurang 47 hektare dengan kedalaman air antara 1,5 meter sampai dengan 6 meter. Situ Gede menjadi tempat tujuan wisata favorit karena danau ini merupakan obyek wisata alam satu-satunya yang ada di wilayah pemerintahan Kota Tasikmalaya dan dekat dengan pusat kota.

Danau ini juga merupakan salah satu obyek wisata air yang paling potensial di wilayah Priangan Timur dan dikunjungi oleh banyak pelancong dari dalam maupun luar kota, bahkan dari luar daerah.

Ciri khas yang menjadi daya tarik Situ Gede adalah sebuah pulau yang terdapat di tengah-tengah danau. Di pulau seluas satu hektare tersebut terdapat makam Eyang Prabudilaya, seorang tokoh penguasa pada masa silam yang mitosnya telah menjadi legenda bagi masyarakat.

Makam Eyang Prabudilaya hingga kini masih dikeramatkan oleh masyarakat sekitar danau. Maka dari itu, selain sebagai obyek wisata alam, Situ Gede juga bisa dijadikan tujuan wisata religi sekaligus wisata sejarah.

Untuk menikmati keindahan Situ Gede dengan lebih leluasa, Anda bisa menyewa sebuah rakit dengan harga yang relatif murah. Harga sewa rakit untuk mengarungi danau hanya Rp10 ribu.

Sambil menyusuri danau, Anda dapat mengunjungi pulau yang berada di tengah danau untuk berziarah di Makam Eyang Prabudilaya atau hanya sekadar melihat-lihat eloknya persemayaman tokoh yang dihormati warga Tasikmalaya tersebut.

Para pengunjung juga dipersilahkan menikmati teduhnya hutan dengan berbagai flora dan fauna yang ada di pulau itu, namun siapapun tidak diperbolehkan melakukan aktivitas perburuan.

Tidak hanya itu, Anda juga akan disuguhi pesona wisata ekologi berupa tumbuh-tumbuhan alami yang banyak terdapat di sekeliling danau sehingga menambah asri pemandangan, ditambah dengan nuansa pedesaan yang sejuk dan segar.

Kegiatan lain yang tidak kalah asyiknya, Anda bisa menyantap berbagai menu ikan di kios-kios yang banyak terdapat di sekitar danau. Setelah perut kenyang dengan sajian wisata kuliner khas Situ Gede, Anda tinggal menunggu senja turun untuk melihat pemandangan yang indah.

Kawasan wisata Danau Situ Gede relatif dekat dengan Kota Tasikmalaya. Akses transportasi untuk mencapai obyek wisata alam ini, selain menggunakan kendaraan pribadi, juga bisa memanfaatkan fasilitas angkutan kota jalur 04 yang berangkat dari Terminal Pancasila di Kota Tasikmalaya.

Setelah turun dari angkot, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju lokasi wisata dengan berjalan kaki sejauh 1 kilometer. Sesampainya di lokasi, Anda cukup merogoh kocek Rp4.000, sementara untuk anak-anak dikenakan biaya Rp2.000.

Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi dikenakan tambahan tarif, untuk sepeda motor Rp1.000 dan mobil Rp2.500.