BAKRIE Connectivity terus berusaha menjadi yang terdepan di tengah persaingan provider internet. Beberapa waktu lalu, Bakrie Connectivity memperkenalkan USB modem terbaru, AHA Olive VME 150, yang menggabungkan empat fungsi: modem, MP3 player, radio dan Dictaphone atau alat perekam.

Okezone mencoba mengupas kelebihan dan kekurangan USB modem yang akan resmi diluncurkan Februari mendatang dengan banderol Rp699 ribu

Desain

Seperti Olive VME 110 yang telah dikeluarkan sebelumnya, desain VME 150 sangat praktis (78x25x10mm) untuk dibawa kemanapun.

Desain VME 150 tidak jauh berbeda dengan pendahulunya, kecuali modem anyar ini memerlukan kabel data untuk menghubungkannya dengan komputer anda.

Meskipun memiliki empat fungsi sekaligus, desain VME 150 sangat sederhana dan tidak menyulitkan user untuk mengoperasikannya. Untuk mengganti fungsi MP3 player, radio dan Dictaphone, cukup menekan tombol yang terdapat di sisi modem selama beberapa detik.

Kecepatan Modem

Teknologi EVDO yang diusung AHA Vibe VME 150 memungkinkan user menikmati kecepatan internet hingga mencapai 3,1 Mbps. Saat Okezone menjajal modem tersebut, memang tidak butuh waktu lama untuk membuka halaman situs yang dituju, sehingga pengalaman berselancar di internet menggunakan VME 150 pun terbilang nyaman.

Ketika Okezone mencoba melakukan streaming, hasilnya pun cukup memuaskan. Memang, beberapa kali sempat terjadi proses buffering yang sedikit mengganggu, namun secara keseluruhan, VME 150 lebih cepat dari modem-modem lain yang pernah Okezone jajal.

Meski begitu, VME 150 masih memiliki kelemahan karena Okezone beberapa kali mengalami disconnect saat keadaan cuaca di luar tidak terlalu bagus.

Aplikasi AHA Vibe

Alasan mengapa VME 150 dibanderol cukup mahal adalah karena user diberikan fasilitas mengunduh lagu, lokal maupun internasional, dari lima label musik terbesar Indonesia (Sony, Warner, Musica, Trinity dan Universal).

Untuk menikmati layanan itu, user tinggal mengklik aplikasi AHA Vibe yang tersedia setelah terhubung dengan komputer. Di sana, user bisa menjelajah catalog lagu dari berbagai genre.

Karena terbilang baru, wajar saja katalog lagu yang tersedia masih cukup terbatas. Jika anda pecinta musik internasional, anda mungkin akan sedikit kecewa dengan ketersediaan lagu-lagu mancanegara yang tidak sebanyak lagu lokal. Namun, Bakrie Connectivity menjanjikan untuk terus memperbarui katalog mereka.

Mengunduh lagu melalui AHA Vibe pun sangat mudah dan nyaman. User bisa terlebih dulu mendengarkan preview lagu sebelum memutuskan untuk mengunduh lagu. Okezone cukup terkesan dengan kecepatan mengunduh lagu yang hanya membutuhkan waktu 30 detik hingga satu menit, sama seperti yang dijanjikan Bakrie Connectivity.

Kualitas Suara

Untuk menunjang fungsi MP3 player dan radio, Bakrie Connectivity melengkapi VME 150 dengan earphone. Tapi, jika anda benar-benar penggila musik, mungkin anda akan sedikit kecewa dengan kualitas suara yang dihasilkan earphone tersebut. (srn)