Android

CALIFORNIA – Google menerbitkan sebuah laporan bulanan terkait distribusi platform sistem operasi Android. Dari laporan bulan Januari 2011 terungkap saat ini 90 persen ponsel cerdas berbasis Android telah menggunakan versi 2.1 ke atas.

Selama kurun waktu awal tahun tersebut, Froyo (Android 2.2) menguasai pangsa yang paling besar, dengan market share sebesar 57.6 persen, dengan hasil itu Froyo naik sebesar 5.8 persen dari bulan sebelumnya dan menjadikan OS ini merupakan versi yang berkembang cukup cepat.

Sementara itu, Android 2.1 atau Eclair pangsa pasarnya turun sebesar 3,8 persen selama Januari kemarin sehingga total pangsa pasar Eclair sebesar 31,4 persen. Sementara itu Android versi yang paling baru 2.3 atau Gingerbread masih tertahan dengan presentase sebesar 0.8 persen.

Dilansir melalui GSM Arena, Senin (7/2/2011), sementara itu untuk Android 1.5 dan Android 1.6 masing-masing masih ada yang menggunakan dengan tingkat presentasi sebesar 3.9 persen dan 6.3 persen. Diprediksi kedua versi itu akan hilang pada 3 bulan mendatang.

Google mengharapkan Android 2,2 atau Froyo akan mencapai puncaknya pada bulan Februari, setelah itu mulai menyusut untuk membuat jalan bagi Gingerbread yang diharapkan perlahan akan mulai digunakan setelah pertengahan tahun.