Jakarta – Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan Nasional Dodi Nandika, melepas sekaligus memberikan arahan sebelum keberangkatan 36 Kepala Sekolah peserta Roundtable Meeting of Asean Educational Leaders V dan Conference South East Asia School Principals Forum III. Kegiatan itu akan berlangsung di Brunai Darussalam. pada 25-29 Januari 2011.

Mereka akan berkumpul bersama 264 kepala sekolah dari 10 negara ASEAN lainnya. Mereka berangkat setelah lolos seleksi dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan Nasional, yang berpartisipasi secara swadana.

Konferensi ini mengusung tema “Sharing and Embrancing the Dynamism Of South East Asia Leaders on Human Capacity Building and Educational Innovation for the 21th Century.”.

“Lewat konferensi ini diharapkan dapat memberikan motivasi kepada Kepala Sekolah untuk mengeksplorasi kreativitas, inisiatif dan antusiasme, dalam mentransfer perubahan guna menantang serta mendorong kemampuan diri untuk menghasilkan solusi yang inovatif dan kreatif sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan secara konkret,” ujar Dodi ketika memberi sambutan, pada Senin (24/1) di Jakarta.

Menurut dia, konferensi ini merupakan forum yang baik untuk membangun kerja sama dalam pilar sosiokultural seperti pertukaran kepala sekolah, selain kerja sama dalam bidang budaya seperti pertukaran guru dan pelajar. “Sudah 40 tahun lebih kita bekerja sama,” katanya.

Konferensi tersebut diadakan berdasarkan keputusan dalam RTM of Asean Educational Leaders II pada 26-28 November 2010 di Denpasar, Bali. (aline)