JAKARTA – Rusaknya sawah di Dusun Kracakan, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Sleman, DIY, yang berbentuk pola diduga sebagai tempat pendaratan benda asing atau UFO, benarkah?

Profesor peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin menilai pola tersebut sebagai bentuk rekayasa dari orang-orang ahli.

“Saya menduga itu hasil rekayasa tangan-tangan kreatif. Di banyak negara terbukti crop circle adalah hasil rekayasa kreatif manusia,” tulis Thomas seperti dikutip dalam blognya, Selasa (24/1/2011).

Dia menjelaskan, meskipun lokasi “pendaratan UFO” berada di bawah kabel listrik tegangan tinggi (Sutet) tidak akan mempengaruhi pola.

“Pola geometris di Sleman bukan juga disebabkan oleh puting beliung atau pengaruh elektromagnetik dari SUTET (Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi milik PLN). Puting beliung tidak akan menghasilkan pola yang rapih. Sutet pun tidak akan memberi dampak pola geometris, karena tanaman padi tidak terpengaruh oleh medan listrik atau medan magnet dari jaringan listrik itu,” jelasnya.

Dia mencontohkan di 1990-an, ada dua orang Inggris mengaku membuat sekian banyak crop circle di Inggris yang diduga sebagai landasan UFO.

“Mereka pun mempraktikkannya dengan menggunakan tali dan papan. Tancapkan satu tongga sebagai pusat lingkaran. Lalu tali yang digantungi papan diputar mengelilingi tonggak tersebut. Radius lingkaran tergantung pengaturan letak papan. Pola garis lurus dan segitiga juga bisa dibuat dengan cara-cara yang kreatif. Mau coba?”JAKARTA – Jejak aneh tertinggal di sekitar wilayah Dusun Kracakan, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Sleman, Yogyakarta. Padi yang ada di sejumlah petak sawah milik warga di sana rontok membentuk rangkaian lingkaran.

Jejak yang tak dikenali itu lantas disebut-sebut sebagai sisa pendaratan Unidentified Flying Object (UFO).

Tanda-tanda aneh yang terlihat di bumi memang selalu berujung pada dugaan adanya UFO. Dugaan itu sering berujung pada sekadar perdebatan tanpa hasil.

Dalam istilah Bahasa Indonesia, UFO sebenarnya disebut Benda Terbang Aneh (BETA) atau Benda Terbang Belum Dikenal (BETEBEDI). Dua istilah itu memang belum terlalu populer.

Tahun lalu, astronom China memperkirakan bahwa alien dan benda terbang tak dikenal (UFO) akan datang ke Bumi pada 2011 atau 2012.

Wang Sichao, sang astronom, membuat berita yang mengejutkan mengenai UFO. Dirinya meyakini jika sekelompok alien akan berkunjung ke bumi dengan mengendarai UFO.

Seperti dikutip dari My News, Sichao sendiri sangat yakin dengan pemikiran ini berdasarkan berita yang menyebutkan jika penampakan UFO sempat terlihat di beberapa daerah di China, seperti Zhejiang, Hunan, Chongqing, dan Xinjiang.

China juga sempat dihebohkan dengan pemberitaan yang mengatakan jika sebuah UFO terlihat melintas di langit provinsi Zhejiang. Kedatangan UFO tersebut dibuktikan dengan adanya gangguan lalu-lintas udara di China Timur selama satu jam di awal Juli ini.

Namun orang-orang skeptis meyakini jika benda terbang tersebut bukanlah UFO melainkan sebuah pesawat pribadi.

Sebelumnya, ahli fisika Stephen Hawkinng juga telah mengungkapkan kekhawatiran yang sama.

“Kedatangan mahkluk asing ke Bumi bisa menyebabkan dampak yang buruk bagi manusia. Kita harus waspada,” ujar Hawking.

Namun Wang Sichao menyebut peringatan tersebut terlalu dini dan dia menganggap hal tersebut masih dapat diantisipasi.

Menurut Wang Sichao ada kemungkinan UFO datang dengan niat yang baik dan tidak identik dengan perusakan bumi. Oleh karena itu dia menyarankan agar para ilmuwan merancang dan membuat teleskop yang dapat berguna untuk mengamati UFO. Apalagi benda terbang tak dikenal itu sering menampakkan diri di China akhir-akhir ini.

Selain di China, UFO juga katanya pernah mampir ke Semarang, Jawa Tengah. Seorang warga pun berinisiatif merekamnya dengan kamera video.

Hasil rekamannya sungguh mengagumkan. Terlihat benda asing diam lalu berputar melayang-layang di angkasa. Selama satu jam pemuda itu merekam aktivitas benda aneh itu, setelah sebelumnya dia melihat melalui teropong yang dimilikinya.

Menurut Dantok, seorang warga, peristiwa langka itu terjadi pada Kamis 12 Agustus 2010 pukul 23.30 WIB. Dia juga mengaku sudah beberapa kali melihat benda mirip UFO tersebut melayang di atas rumahnya itu.

Warga Perm di wilayah Pegunungan Ural, Rusia, juga penah mengaku melihat objek tak dikenal yang mereka perkirakan berasal dari luar angkasa. Menurut saksi mata, objek itu melayang di udara. Objek tersebut terlihat menurunkan beberapa penumpangnya.

Namun, warga tidak yakin benar, apa yang diturunkan oleh objek misterius itu dan bagaimana cara mereka diturunkan dari benda yang diduga “pesawat luar angkasa” itu.

UFO juga dikabarkan pernah terlihat di Midlands, Inggris, Amerika Serikat (AS), dan Australia. Para ilmuwan di negara-negara tersebut pun berlomba menelurkan hasil penelitian ilmiah mereka.