Pengen ke Bali tapi dana mepet, trusin baca ini…
Kita bisa kok ke Bali walopun dana mepet. Ada dua cara. Jalur darat dan jalur udara.

I. Jalur Darat
Transportasi bisa pake bis malam yang ke Denpasar. Kalo kamu dari Bandung-cirebon, tiket bis ke Denpasar dengan bis Lorena kita bisa kena 250.000. itu dah termasuk nyebrang ke Balinya.

II. Jalur Udara
Kalo alternatif udara yang dipilih, kita bisa pilih pake pesawat semisal dari Air Asia, Lion Air, Batavia dan lainya. Jika dirasa kurang nyaman, bisa juga pilih Garuda. Tipsnya, pilih flight terakhir. dijamin harganya lebih murah (diskon abieesss). Harga tiket bisa sampe 300.000/flight.

Penginapan ada beberapa pilihan. Mau yang elit, agak elit, ato sangat murah. Anggaran kalo pilih hotel yang berbintang mulai dari 300.000 hingga 700.000/malam( bahkan lebih). Tapi kalo mo yang murah bisa juga, pilih ajapenginapan sekelas losmen. Harga sewa mulai 50.000-200.000/malam. Ini bisa lebih murah kalo kita travelnya berdua-bertiga ato lebih. Tips kata yang sering travel kesana, pilih penginapan di daerah Kuta. Cari penginapan yg banyak bulenya, karena tempatnya pasti bersih.

Untuk kesana kemari disarankan pergi berkelompok dan carter mobil bareng-bareng. Sewa mobil mulai 300-350 ribu /harinya. Dan jika kamu beruntung, kamu bisa dapet supir yang bisa merangkap tour-guide kamu. Jadi kamu tau persis apa yang bagus ato engga buat dikunjungi. Kata seorang teman yang pernah punya pengalaman bagus, si supir bahkan bersedia mencarikan tiket untuk nonton pertunjukan malam(tari Bali) dari tempat yang luar biasa indah. Dia juga bahkan menawarkan diskon jiks hari berikutnya mau pake jasa dia. Luar biasa kan?

Oke, jadi gimana? tertarik untuk ke Bali lagi? Mari kita hitung-hitung anggarannya:

Tiket pesawat/bis (Untuk 2 orang):
300.000-400.000/ flight x 4= 1.200.000
Sewa kamar hotel/penginapan:
600.000/malam x 3= 1.800.000
Charter Mobil
300.000/hari x 3= 900.000
Total biaya: 3.900.000/2 = @ Rp.1.950.000

Versi Darat-Penginapan:
Tiket bis (Untuk 2 orang)
500.000/trip (one way) x 2=1.000.000
Sewa kamar
200.000/malam x 3= 600.000
Charter mobil:
300.000/hari x 3= 900.000
Total biaya= 2.100.000/2 =@ Rp.1.050.000

Biaya di luar tiket masuk tempat / biaya adventure. Biaya lain-lain tergantung budget anda juga…hehehehe
Sun rise di pantai Sanur. Magnifico…