Setelah Digeser Acer, Apa Strategi Dell?
Minggu, 18 Oktober 2009 – 09:58 wib
text TEXT SIZE :
Share
Susetyo Dwi Prihadi – Okezone
Michael Dell (Foto: Ist)

CALIFORNIA – Dalam laporan IDC yang terbaru posisi Dell yang selama ini kukuh di posisi kedua, terpaksa diserahkan kepada Acer. Tapi, hal tersebut tidak membuat Dell mengendurkan semangat untuk menyiapkan strategi baru. Salah satunya adalah memproduksi ponsel cerdas.

Kepastian itu meluncur langsung dari CEO dan pendiri Dell, Michael Dell, dia menyatakan penting bagi Dell untuk melebarkan sayapnya dalam mengembangkan ponsel cerdas sendiri. Perusahaan tersebut memastikan, perangkat cerdas Dell akan meluncur pada 2010. Akan tetapi, belum diketahui sistem operasi apa yang akan disematkan, walaupun tidak akan jauh dari Android yang tengah menanjak popularitasnya.

Bagi seorang Michael Dell, ponsel cerdas bukan sekedar sebagai soal gengsi semata, akan tetapi untuk menyesuaikan keadaan sekarang yang lebih mementingkan mobilitas. Diakui oleh Dell, jika perusahaannya tidak bisa memenuhi itu, maka masa depan perusahaanya tidak akan bertahan lama.

“Mobilitas adalah tema mutlak di era yang serba cepat dan praktis seperti sekarang,” tegas Michael Dell, seperti yang dilansir melalui Maximum PC, Minggu (18/10/2009).

Ditambahkan Michael Dell, laptop berlahan sudah memulai menggeser eksistensi dari desktop. Memang, desktop masih dicari oleh sebagian orang, tetapi itu tidak lebih dari karena alasan harga.

“Alasan orang masih membeli desktop adalah harga, jika laptop bisa lebih terjangkau, segera laptop akan mendominasi,” tegasnya.

Kendati mobilitas menjadi sesuatu yang penting, Michael Dell tidak melihat netbook menjadi bagian dari perubahan era mobilitas tersebut. Pasalnya menurut Dell, bahwa pangsa pasar netboook akan turun di sekitar 12 sampai 15 persen.

“Saya kira ada beberapa kekecewaan dan ketidakpuasan pengguna, terhadap ukuran layar netbook yang dinilai terlalu kecil,” tambah Michael Dell.

Mengenai ponsel cerdas yang akan diproduksi Dell, belum ada spesifikasi yang lebih mendetail. Kecuali sebuah isu yang mengatakan kalau perangkat tersebut akan dibuat dari China Mobile. (tyo)