Banyak yang telah terjadi pada kita. Baik yang kita syukuri maupun tidak, baik yang berupa hal-hal manis atu mungkin malah meninggalkan luka. Semua terjadi atas izin Yang Kuasa. Seperti halnya gempa yang terjadi akhir September yang lalu.

Ratusan atau mungkin ribuan orang menjadi korbannya. Ada yangmeninggal, tapi tak sedikit yang selamat. Ada hikmah dibalik setiap musibah. Ada yang bilang, bencana merupakan peringatan dari Tuhan atas apa yang manusia telah perbuat, baik itu berupa teguran, adzab, atau cobaan. Yang bisa menyatakan yang mana kembali kepada orang atau manusia yang mengalami hal tersebut. Jika selama ini kita telah berbuat baik, mungkin memang itu hanya cobaan. Tetapi jika seandainya kita memang telah berbuat khilaf, berintrospeksilah, mudah-mudahan ini memang hanya teguran dan bukan adzab.

Diluar semua itu, ada satu hal yang harus kita petik dari bencana. Sadarkah kita, setiap kali bencana terjadi ada hal baik yang terjadi pada diri kita. Kita diberikan rasa iba, kasihan, dan prihatin. Bukankah ini suatu hikmah? Selain itu, kita juga dipacuuntuk berbuat lebih-lebih untuk diri kita sendiri maupun orang lain. Anda tentu telah mengetahuinya. Bencana membuat manusia jauh lebih kuat dan berkembang. Kita belajar dari apa yang telah terjadi. Kita ‘dipaksa’ untuk maju walaupun entah halangan dan rintangan ada di depan kita. Dengan kata lain, bencana membuat kita bisa menikmati hari esok yang lebih baik. Salam bahagia bagi semua manusia di Bumi.